Tes Jantung Elektrokardiogram

Tes Jantung Elektrokardiogram

Pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) merupakan pemeriksaan kesehatan terhadap kegiatan listrik jantung. EKG yaitu rekaman kegianan listrik jantung sebagai grafik jejak garis pada kertas grafis. Bentuk jejak garis yang naik turun tersebut disebut dengan gelombang atau wave. Proses perekaman aktivitas listrik jantung dalam bentuk grafik dinamakan dengan tes jantung dengan elektrokardiogram. Tujuan pemeriksaan EKG yaitu mengevaluasi kerja jantung yang ditunjukkan dengan pemeriksaan kecepatan denyut jantung, ritme denyut jantung, dan kekuatan sinyal listrik ketika melewati masing-masing bagian jantung.

Sebelum berlanjut menjelaskan prodesur pemeriksaan EKG, Anda perlu mengetahui kegunaan pemeriksaan EKG. Kegunaan pemeriksaan EKG adalah memeriksa kegiatan listrik jantung, menemukan penyebab nyeri dada, menemukan penyebab gejala penyakit jantung, mengidentifikasi dinding ruang jantung yang terlalu tebal, memeriksa kesehatan jantung, memeriksa suatu alat mekanis yang dicangkok dalam jantung, dan memeriksa kinerja obat jantung yang dikonsumsi. Prosedur pemeriksaan EKG ini adalah pasien akan berbaring di tempat tidur dengan membuka sebagian pakaian dan aksesoris yang mengandung logam. Tubuh pasien akan dipasang elektroda berupa lempeng logam tipis. Elektroda tersevut akan dilapisi pasta untuk meningkatkan konduktivitas tubuh. Pasien dianjurkan untuk rileks dan tidak berbicara. Dokter akan meminta pasien bernapas atau menahan napas saat merekam kinerja jantung. Pemeriksaan EKG biasanya dilakukan dalam waktu 3 menit.

Hasil pemeriksaan EKG akan normal bila ritme denyut jantung beraturan antara rentang 60—100 denyut per menit dan pola denyut jantung berjalan dengan normal. Denyut jantung akan dinilai tidak normal bila denyut jantung terlalu lambat atau kurang dari 60 denyut per menit atau denyut jantung terlampau cepat yaitu lebih dari 100 denyut per menit. Ritme denyut jantung yang tidak beraturan juga dikatakan sebagai denyut jantung tidak normal. Selain itu, agar pemeriksaan EKG menunjukkan kerja jantung Anda normal, Anda bisa mengonsumsi ICP capsule. ICP capsule dapat menormalkan denyut jantung Anda dan menghindari denyut jantung yang abnormal oleh penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah di jantung.

[Baca Juga : Dampak Penyakit Jantung Koroner pada Tubuh]

Untuk Konsultasi seputar masalah Kolesterol, Darah tinggi, Jantung Koroner dan Stroke, serta informasi cara mendapatkan ICP Capsule ini silahkan menghubungi kami via Phone/SMS/WA/Line: 081336817500

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *