Penyebab Stroke Pembuluh Darah Otak Tersumbat

Penyebab Stroke Pembuluh Darah Otak Tersumbat

ciri-ciri-penyumbatan-pembuluh-darah-di-otak

Stroke memiliki penyebab yang menjadi cikal bakal terjadinya penyakit tersebut. Penyebab stroke pembuluh darah otak tersumbat sering sekali terjadi karena adanya timbunan lemak dan kolesterol tinggi. timbunan lemak ini sudah menjadi endapan hingga membentuk plak. Inilah yang menjadi penyebab dari stroke. Stroke sebenarnya dapat dicegah dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Ada beberapa risiko stroke yang tidak dapat diubah. Bila seseorang mengalami serangan iskemik sesaat atau serangan jantung, risiko orang tersebut terserang stroke menjadi lebih tinggi. Seseorang berisiko terserang stroke bila keluarga dekatnya pernah mengalami stroke. Seseorang berisiko terserang stroke bila usia lebih dari 65 tahun. Seperempat kasus stroke terjadi di usia yang lebih muda. Orang yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi berisiko terserang stroke. Itulah orang-orang yang berisiko terserang stroke.

Jenis stroke ada yang stroke iskemik yang terjadi karena aliran darah ke otak terhenti karena terbentuknya gumpalan darah. Darah yang menimbun terdapat kolesterol atau telah terjadi kerusakan pada dindingnya. Penyebab stroke pembuluh darah otak tersumbat pun terjadi pada stroke iskemik. Faktor pemicu terjadinya stroke iskemik adalah tingginya kadar kolesterol di dalam darah, kadar gula darah yang tinggi sehingga berdampak buruk pada kesehatan dinding pembuluh darah, detak jantung tidak teratur, usia yang semakin tua, obesitas, tekanan darah tinggi, mengonsumsi alkohol, merokok, dan riwayat keluarga terkena penyakit jantung atau diabetes melitus.

Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan menyebabkan pendarahan. Sekitar lima persen pendarahan terjadi pada permukaan otak yang dikenal sebagai pendarahan subarachnoid. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama stroke hemoragik. Tekanan darah tinggi dapat melemahkan arteri di dalam otak sehingga rentan pecah.

Jenis stroke kedua adalah stroke hemoragik. Penyebab stroke pembuluh darah otak tersumbat juga terjadi pada stroke hemoragik. Ada beberapa hal yang bisa memicu stroke hemoragik seperti naiknya tekanan darah, merokok, kurang olahraga, stres, mengonsumsi alkohol yang berlebihan, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Trauma atau cedera pada kepala juga bisa menyebabkan stroke hemoragik. Ada beberapa kasus terjadi pendarahan di dalam selaput otak. Kasus ini tanpa disertai adanya tanda-tanda trauma pada otak. Hal itu umumnya terjadi pada orang tua. Gejalanya sangat mirip seperti stroke. Pendarahan yang terjadi dalam selaput otak dikenal sebagai hematoma subdural. Bagi Anda yang mengkonsumsi obat-obatan pencegah pembekuan darah atau antikoagulan pun harus hati-hati. Salah satu risiko dari penggunaan obat antikoagulan yaitu stroke hemoragik. Obat antikoagulan membuat darah menjadi lebih sulit untuk menggumpal. Bila terjadi pendarahan, pendarahan tersebut akan lebih sulit berhenti.

[Baca Juga : Tanda-tanda Pembuluh Darah Tersumbat]

Untuk Konsultasi seputar masalah Kolesterol, Darah tinggi, Jantung Koroner dan Stroke, serta informasi cara mendapatkan ICP Capsule ini silahkan menghubungi kami via Phone/SMS/WA/Line: 081336817500

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *