Detak Jantung yang Normal pada Manusia

Detak Jantung yang Normal pada Manusia

Setiap manusia pasti memiliki detak jantung selama dia memiliki jantung yang dapat bekerja. Detak jantung manusia bervariasi. Detak jantung manusia sangat bergantung pada aktivitas yang dilakukan. Kemudian menyusul faktor lainnya, seperti usia, suhu udara, dan sebagainya. Jumlah detak jantung manusia bisa berbeda dari yang lain. Detak jantung yang rendah biasanya terjadi saat manusia sedang istirahat. Anda mungkin bertanya berapa detak jantung yang normal pada manusia? Detak jantung normal manusia rata-rata berdenyut sekitar 60-100 kali per menit. Semakin sehat seseorang, semakin rendah denyut nadinya. Tingkat rendah denyut nadi seseorang tidak dianjurkan kurang dari 60 kali per menit karena hal itu bisa mengakibatkan gejala bradikardia, yaitu jenis penyakit jantung yang penderitanya mengalami detak jantung yang lambat. Banyak para dokter yang beranggapan bila standar detak jantung normal tersebut harus diubah. Mereka mengatakan bahwa detak jantung normal seharusnya 50-70 kali per menit. Hal itu didasari pada penelitian yang mengungkapkan jika detak jantung seseorang saat istirahat lebih dari 76 kali per menit, berisiko serangan jantung. Meski denyut tersebut dianggap normal oleh standar yang dipakai saat ini.

Detak jantung yang cepat bisa diakibatkan oleh aktivitas yang dilakukan seperti olahraga, anemia, mengonsumsi obat-obatan, stimulan yang dikonsumsi seperti kafein, amfetamin, pil diet, dan rokok, menderita demam, atau beberapa jenis penyakit jantung. Detak jantung yang cepat juga bisa disebabkan karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif dan stres. Bagi manusia yang memiliki detak jantung rendah saat istirahat bisa disebabkan oleh  penyakit jantung, mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati penyakit jantung, tingkat kebugaran yang baik, dan kelenjar tiroid kurang aktif (hipotiroidisme). Detak jantung yang lemah bisa diakibatkan adanya bekuan darah di lengan atau kaki, penyakit pembuluh darah, penyakit jantung, dan gagal jantung. Karena itulah, jaga selalu jantung Anda supaya selalu memiliki detak jantung yang normal sebesar 60-100 per menit.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi detak jantung normal, salah satunya usia. Detak jantung normal pada anak-anak cenderung lebih tinggi daripada orang dewasa. Suhu udara juga bisa mempengaruhi detak jantung. Saat suhu dan kelembapan udara tinggi, jantung memompa lebih banyak darah. Karena itulah, detak jantung akan meningkat sekitar 5-10 kali per menit. Emosi juga dapat meningkatkan detak jantung. Manusia yang sedang stres, cemas, luar biasa senang, atau sedih, memiliki detak jantung yang cepat. Ukuran tubuh manusia yang menderita obesitas memiliki detak jantung yang lebih tinggi, tetapi biasanya tidak lebih dari 100. Obat-obatan bisa mempengaruhi detak jantung manusia. Obat-obatan dapat memblokir hormon adrenalin sehingga akan cenderung memperlambat laju detak jantung.

[Baca juga : Detak Jantung Normal per Menit]

Untuk Konsultasi seputar masalah Kolesterol, Darah tinggi, Jantung Koroner dan Stroke, serta informasi cara mendapatkan ICP Capsule ini silahkan menghubungi kami via Phone/SMS/WA/Line: 081336817500

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *