Cara Memeriksa Kesehatan Jantung Sendiri

Cara Memeriksa Kesehatan Jantung Sendiri

Penyakit jantung sering sekali tidak terdeteksi dari awal. Karena itulah, kebanyakan orang baru mengetahui adanya penyakit jantung yang dideritanya. Penyakit jantung baru terdeteksi ketika seseorang mengalami serangan jantung. Cara memeriksa kesehatan jantung sendiri bisa dilakukan dengan pemeriksaan darah. Alat untuk memeriksa darah kini sudah dapat dibeli di apotek dengan harga terjangkau. Anda bisa mengecek kesehatan jantung dengan alat tersebut untuk mengetahui kadar kolesterol, kadar gula darah, lemak darah, sampai indeks massa tubuh. Pemeriksaan tersebut bisa dilakukan di rumah. Anda bisa melakukan tes sederhana untuk memeriksa risiko penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dialami oleh siapa saja. Anda bisa memeriksa denyut jantung di pagi hari untuk memeriksa ada tidaknya risiko serangan jantung. Pemeriksaan denyut jantung di pagi hari dilakukan karena pada saat itu jantung telah selesai istirahat.

Memeriksa kesehatan jantung sendiri bisa dilakukan dengan tangan sendiri. Cara memeriksanya yaitu dengan meletakkan telunjuk di pergelangan tangan tepat di bawah jempol. Kemudian, raba bagian pergelangan tangan sampai terasa ada denyutan di sana. Rasakan denyutannya sebelum menghitung jumlah denyut jantung. Denyut jantung yang dikatakan normal bila dalam satu menit memiliki denyut sekitar 60-100 kali. Jika Anda merasa terlalu lama menghitung denyut sampai satu menit, maka gunakan timer atau stopwatch untuk mencatat 10 detik pertama. Setelah 10 detik pertama berhasil didapatkan, hitung jumlah denyut kemudian dikalikan enam. Jika denyut jantung lebih dari 100 kali tiap menit maka orang tersebut akan memiliki risiko terkena penyakit jantung. Denyut jantung yang lebih dari 100 per menit menandakan adanya takikardia, yaitu masalah irama jantung yang terlalu cepat. Gangguan ini disebabkan oleh kekacauan sinyal listrik yang berfungsi menstimulus otot jantung untuk memompa darah secara teratur. Setelah mengetahui risiko penyakit jantung, Anda perlu mengenali faktor-faktor pemicu penyakit jantung. Pemicu penyakit jantung antara lain: tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes.

                Supaya jantung selalu sehat, sebaiknya Anda memeriksa kesehatan jantung sendiri secara berkala dengan cara pengecek darah dan mengukur denyut jantung setiap pagi hari. Kesehatan jantung akan selalu terjaga bila Anda menerapkan pola hidup sebagai berikut.

  1. Tidur yang cukup

Studi tahun 2010 menunjukkan bahwa manusia yang tidur di bawah enam jam tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung. Oleh sebab itu, tidur yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh.

  1. Rajin berolahraga

Berolah raga dapat membuat tekanan yang teratur dan jantung akan berdetak dengan normal.

  1. Mengonsumsi sayur

Sayur adalah asupan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sayuran yang kaya serat dan vitamin penting bagi jantung.

[Baca juga : Cara Mengobati Aritmia Jantung]

Untuk Konsultasi seputar masalah Kolesterol, Darah tinggi, Jantung Koroner dan Stroke, serta informasi cara mendapatkan ICP Capsule ini silahkan menghubungi kami via Phone/SMS/WA/Line: 081336817500

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *